Tempat-tempat Bersejarah di Makkah dan Madinah

October 17, 2009 at 2:36 am Leave a comment

1. Masjidil Haram

Masjid ini berbentuk empat persegi dan dibangun mengelilingi Ka’bah, berbeda dengan masjid manapun didunia, shaf di Masjidil Haram ini berbentuk lingkaran, semuanya menghadap ke Ka’bah yang berada di tengah-tengah. Ini merupakan keunikan yang tidak dimiliki masjid manapun di dunia. Adapun Spesifikasi Masjidil Haram :

  • Luas Masjidil Haram ± 656.000 m², dapat menampung 730.000 jamaah dalam satu waktu sholat berjamaah pada hari biasa dan lebih dari 1juta jamaah pada musim Haji
  • Memiliki Tiga Lantai
  • Menara berjumlah tujuh buah
  • Keistimewaan masjid ini adalah : Sholat di masjid ini lebih utama dari sholat 100.000 kali di masjid lain.

Pintu-pintu Masjidil Haram

Masjidil Haram adalah masjid Raksasa hingga memiliki sangat banyak pintu yaitu ada 4 pintu utama dan 45 pintu biasa, tiap pintu memiliki nama sendiri karena banyaknya jumlah pintu tersebut tak heran jika banyak jamaah yang tersesat ketika keluar dari Masjidil Haram. Inilah nama-nama Bab (pintu) Masjidil Haram :

1. Bab Shafa                                                 21. Bab Faruq Umar
2. Bab Darul Arqam                                 22. Bab Nadwah
3. Bab Ali                                                      23. Bab Syamsiyah
4. Bab Abbas                                                24. Bab Al-Qudus
5. Bab Nabi                                                   25. Bab Umrah
6. Bab Babussalam                                    26. Bab Madinah Munawarah
7. Bab Bani Syaibah                                 27. Bab Abubakar Sidiq
8. Bab Huju                                                 28. Bab Hijrah
9. Bab Mudda’a                                          29. Bab Umi Hani
10. Bab Ma’ala                                           30. Bab Ibrahim
11. Bab Marwat                                         31. Bab Wada
12. Bab Quraisy                                        32. Bab Malik Abdul Aziz
13. Bab Afqodisiyah                                 33. Bab Alyad
14. Bab Oziz Thuwa                                  34. Bab Bilal
15. Bab Umar Abdul Aziz                        35. Bab Hunsisni
16. Bab Murod                                           36. Bab Ismail
17. Bab Hudaibiyah
18. Bab Babussalam Jahid
19. Bab Garoroh
20. Bab Alfatah

Ka’bah

Adalah bangunan yang menyerupai bentuk kubus, tempat ini merupakan bangunan pertama yang ada diatas muka bumi yang digunakan sebagai kiblat dalam menjalankan ibadah Shalat oleh umat Islam, sebagai mana firman Allah SWT dalam (QS. Ali Imran : ayat 96) yang artinya;
“Sesungguhnya permulaan rumah yang dibuat manusia untuk tempat beribadah itulah rumah yang di Bakkah (Mekkah), yang dilimpahi berkah dan petunjuk bagi alam semesta”.
Ka’bah disebut pula Baitullah (Rumah Allah) atau Baitul Atiq (Rumah Kemerdekaan) dibangun berupa tembok persegi empat dari batu-batu besar berwarna kebiru-biruan yang berasal dari gunung-gunung sekitar Mekkah. Fondasinya dari batu marmer setebal ± 25 cm, pembangunan Ka’bah menurut sejarah berlangsung 10 generasi.

  1. Generasi I oleh Malaikat ± 2.000 tahun sebelum Nabi Adam diciptakan
  2. Generasi II oleh Nabi Adam
  3. Generasi III oleh Nabi Syits putra Nabi Adam
  4. Generasi IV oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail
  5. Generasi V oleh suku Amaliqah
  6. Generasi VI oleh suku Jurhum
  7. Generasi VII oleh Qushai bin Kilab
  8. Generasi VIII oleh Abdul Muthalib
  9. Generasi IX oleh suku Quraisy
  10. Generasi X oleh Abdullah bin Zubair

Setiap sudut dinding Ka’bah memiliki nama :

  • Sebelah Utara Rukun Iraqi (Irak)
  • Sebelah Barat Rukun Syami (Suriah)
  • Sebelah Selatan Rukun Yamani (Yaman)
  • Sebelah Timur Rukun Aswad (Hajar Aswad)

Kiswah

Adalah Penutup keempat dinding Ka’bah yang tergantung dari atap sampai kaki terbuat dari kelambu sutra hitam, lebar total 658 M² biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan kiswah in 17.000.000 riyal dengan tenaga kerja sebanyak 240 orang, hal ini telah dilakukan sejak zaman Nabi Ismail.

Kiswah tiap tahun diganti, dilakukan pada tanggal 10 Djulhijjah ketika para jamaah sedang berada di Mina, Kiswah ini dihiasi dengan tulisan Al-Qur’an yang disulam secara khusus dengan benang emas.

Pintu Ka’bah

Disebut juga dengan nama Al-Burk, ini terbuat dari bahan emas murni 99 karat, dengan berat keseluruhan 280 kg. Letak pintu ini dari lantai thawaf adalah 2,25 meter sedangkan daun pintu itu sendiri panjangnya 3,06 meter dengan lebar 1,68 meter. Pintu yang sekarang ini adalah hadiah dari Raja Khalid bin Abdul Aziz, karena dalam sejarahnya pintu ini telah berubah-ubah baik dari bahan baku,seni dan bentuknya. Hadits Nabi yang mengatakan ; “Siapa yang masuk ke Baitullah berarti dia masuk dalam kebaikan, keluar dari kejahatan dan dia mendapatkan ampunan” (HR. Ath –Thabrani dari Ibnu Abbaas).

Hajar Aswad

Adalah batu hitam yang terletak disudut sebelah tenggara Ka’bah, yaitu sudut dimana Thawaf dimulai. Hajar Aswad berasal dari syurga yang dibawa oleh Malaikat Jibril atas perintah Allah SWT, batu ini terdiri dari 8 keping yang terkumpul diikat dengan lingkaran perak.

Mihzab (Talang Emas)

Talang air ini dulunya tidak ada karena Ka’bah belum memiliki atap, namun pada saat renovasi Ka’bah yang dilakukan suku Quraisy, bangunan ini diberi atap, hingga memerlukan talang air. Talang air sering diganti dan yang ada sekarang adalah hadiah dari Sultan Abdul Majid Khan Bin Sultan Muhammad Khan dari Konstantinopel pada tahun 1276 H (1859 M) bahannya dilapisi emas seberat 40 kg. Pada tahun 317 H. Letak talang emas ini persis di depan Hijr Ismail, tempat dimana talang ini berada oleh Khalifah Utsman disebut pintu surga.

Maqam Ibrahim

Adalah tempat bekas berdirinya Nabi Ibrahim AS tatkala membangun Ka’bah dan terbuat dari batu dan salah satu Mu’jizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Ibrahim, batu tersebut dapat naik dan turun sesuai kehendak Nabi Ibrahim AS ketika membangun tembok Ka’bah. Letak maqam Ibrahim berhadapan dengan Pintu Ka’bah.

Hijir Isma’il

Adalah salah satu bagian dari Ka’bah, dipagari oleh tembok rendah (al-Hatim) berbentuk setengah lingkaran. Ditempat ini sering dipakai jamaah Haji maupun Umrah untuk melakukan sholat sunnah karena diyakini sebagai salah satu tempat yang mustajab untuk berdo’a, Hijir Ismail ini dahulu adalah pondasi rumah keluarga Ibrahim.

Multazam

Adalah dinding atau tembok antara Hajar Aswad dengan pintu Ka’bah. Tempat ini dipergunakan oleh jamaah Umrah maupun Haji untuk bermunajat kepada Allah SWT setelah selesai melakukan thawaf. Jarang orang tidak meneteskan air mata disini, disamping terharu akan kebesaran Allah SWT, Multazam juga salah satu tempat paling musatajab, sebagaimana yang dinyatakan Rasulullah dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi dari Ibnu Abbas yang artinya :
“Antara Rukun Hajar Aswad dan pintu Ka’bah disebut Multazam. Tidak ada orang yang meminta di Multazam, melainkan Allah SWT Kabulkan permintaannya itu”.

Zam-Zam

Dalam bahasa arab berarti air yang melimpah, sumur di bawah tanah yang terletak ± 20 meter sebelah Tenggara Ka’bah ini mengeluarkan air bersih dan jernih yang tiada henti, dan diamanatkan agar sewaktu meminum air Zam-zam harus niat. Sebelum minum air zam-zam kita menghadap ke Ka’bah bermunajat kepada Allah SWT sebagai berikut :

Bismillahirrahmaanirrahiim
“Ya Allah, aku mohon pada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan disembuhkan dari segala macam penyakit”.

Tentang air Zamzam ini sejarahnya tidak dapat dipisahkan dari isteri Nabi Ibrahim AS yaitu Siti Hajar dan putranya Ismail AS, waktu itu Ismail AS ibunya ditinggalkan oleh Nabi Ibrahim AS di Mekkah, mereka kehabisan air minum, maka Siti Hajar berlari kecil dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah sebanyak 7 kali (sekarang dikenal dengan Sa’i) untuk mendapatkan air, namun tak menemukan setetes air pun. Hingga akhirnya Allah SWT mengkarunia Siti Hajar beserta Nabi Ismail AS mata air yang terus mengalir dan dapat dinikmati hingga kini oleh seluruh umat islam yang berhaji maupun umrah.

Mas’a

Adalah sebutan untuk tempat para jamaah haji/umrah melakukan Sa’i, yang dibangun untuk menghubungkan antara Bukit Shafa dan Bukit Marwah. Terbuat dari lantai pualam sepanjang 405 m. Jamaah haji/umrah yang melakukan Sa’i harus melalui jalur tersebut sebanyak 7 kali pulang pergi, kini telah dibangun menjadi dua tingkat, jumlah jarak yang ditempuh antara Shafa dan Marwah adalah 7 x 405 m = 2.835 meter.

2. Maulid Nabi (tempat kelahiran Nabi)

Bagi umat Muslim yang menunaikan ibadah umrah dan haji, pasti muncul keinginan kuat untuk mendatanginya hal ini semata-mata kerinduan kepada Rasulullah SAW. Tempat kelahiran Rasulullah SAW ini memang tak jauh dari Masjidil Haram. Tempat Kelahiran Nabi Muhammad SAW memang sangat sederhana, hanya terbuat dari tembok pada umumnya. Jika didekati, diperkirakan ukurannya sekitar 200 meter2. Saat ini tempat kelahiran Nabi SAW digunakan sebagai Perpustakaan umum dan tidak pernah dibuka, karena dikhawatirkan akan menimbulkan syirik bagi umat Islam yang memasuki tempat tersebut.

3. Jabal Rahmah

Bukit berbatu di Padang arafah, yang terletak sekitar 25 km sebelah tenggara kota Mekkah. Dipuncak bukit tersebut terdapat ‘tugu putih’ yang dibangun untuk mengenang peristiwa yang sangat mengharukan pertemuan antara Nabi Adam AS dan Siti Hawa yang dipisahkan oleh Allah SWT selama 200 tahun, ditempat ini pula Rasulullah menyampaikan wahyu yang terakhir turun yaitu Surat Al Maidah Ayat 3;
“Pada hari ini (saat Nabi berhaji wada’) orang-orang kafir telah putus asa (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut pada mereka dan bertaubatlah pada Allah SWT, dan pada hari ini telah aku sempurnakan bagi kamu agamamu, dan telah aku penuhi akan ni’mat-Ku dan Aku rela Islam menjadi agamamu……”

4. Jabal Tsur/Gua Tsur

Gunung tertinggi di kota Mekkah terletak 5 km dari kota Mekkah, gunung Tsur memiliki 3 puncak yang bersambungan dan berdekatan, dipuncak gunung ini terdapat gua yang bernama gua Tsur tempat Rasulullah dan sahabatnya Abu Bakar RA bersembunyi dari kejaran kaum kafir Quraisy, peristiwa ini terjadi pada tahun 622 M sewaktu Rasulullah akan hijrah menuju Kota Madinah. Dengan pertolongan Allah SWT orang kafir yang mengejar Rasulullah terkecoh ketika berada didepan gua mereka menemukan pintu gua dimana Rasulullah bersembunyi ditutupi sarang laba-laba dan burung merpati yang sedang bertelur atas izin Allah SWT. Hingga mereka berfikir tidak mungkin Rasulullah masuk kegua tersebut, sebab jika masuk sarang laba-laba dan sarang burung merpati yang sedang bertelur pasti akan rusak. Peristiwa ini diabadikan oleh Allah SWT dalam surat At Taubah ayat 40 yang artinya :
“Bila kamu tidak mau menolong Rasul, maka Allah SWT telah menjamin melongnya ketika orang – orang kafir mengusirnya berdua dengan sahabatnya. Ketika keduanya berada dalam gua, dia berkata kepada sahabatnya ‘janganlah engkau berdukacita, karena Allah SWT bersama kita’. Lalu Allah SWT menurunkan ketenangan hati kepada (Muhammad) dan membantunya dengan pasukan-pasukan yang tiada tampak olehmu. Dijadikan-Nya kepercayaan orang-orang kafir paling rendah dan agama Allah SWT mnenduduki tempat teratas, Allah SWT Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

5. Jabal Nur /Gua Hira

Sebuah gua kecil di Jabal Nur, terletak 5 km di utara Mekkah. Tinggi puncak Jabal Nur kira-kira 200 meter, disekelilingnya terdapat sejumlah gunung, batu bukit dan jurang. Letak gua hira ada dibelakang 2 batu raksasa yang sangat dalam dan sempit luasnya hanya cukup untuk tidur tiga orang dan tingginya ± 2 meter, di bagian ujung kanan ada lubang yang dapat dipergunakan untuk memandang kawasan bukit dan gunung arah Mekkah. Di gua inilah Rasulullah bertahannus (mendekatkan diri) kepada Allah SWT. Dan ditempat ini pula wahyu pertama turun yaitu Surat Al Alaq ayat 1-5 yang artinya :
“Bacalah dengan (menyebut) Tuhanmu Yang telah menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajarkan (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”.

6. Masjid Jin

Sebuah Masjid yang terletak dikampung Ma’la, tak jauh dari perkuburan kota Mekkah. Disebut Masjid Al Jin atau Masjid Al Bai’ah, karena ditempat itulah para jin berbaiat (berjanji) kepada Rasulullah untuk beriman kepada Al Qur’an dan ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW. Diriwayatkan bahwa ketika Rasulullah dan beberapa sahabat sedang melaksanakan sholat Subuh, ketika dibacakan beberapa ayat Al Qur’an, sekumpulan jin yang sedang berjalan menuju Tihamah mendengar bacaan ayat-ayat Al Qur’an itu. Setelah shalat, mereka lalu berdialog dengan Nabi SAW kemudian mereka menyatakan beriman. Kemudian Allah SWT menurunkan beberapa ayat Al Qur’an surat Al Jin ayat 1 dan 2 yang berbunyi :
“Telah diwahyukan kepadaku bahwa sekumpulan jin mendengarkan Al Qur’an. Lalu mereka berkata : “Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al Qur’an yang menakjubkan. Yang memberi petunjuk kepada jalan yang benar, karena itu kami mempercayainya dan kami tidak akan mempersekutukan Allah SWT dengan siapapun juga.”
Sekarang tempat ini dibangun Masjid berukuran sedang yang dipergunakan untuk shalat lima waktu dan sebagai monumen penting perjanjian antara Rasulullah dan Jin.

7. Mina

Sebuah hamparan padang pasir yang panjangnya sekitar 3,5 km, terletak dikawasan berbukit-bukit antara kota Mekkah dan Muzdalifah, tidak ada penduduk yang tinggal ditempat ini, Mina oleh orang arab disebut dengan nama Muna yang berarti “Pengharapan” menurut riwayat di Mina inilah hati Nabi Adam AS dibisiki bahwa dia akan memperoleh harapan, setelah 200 tahun berpisahakan bertemu dengan isterinya Hawa. Dengan izin Allah SWT akhirnya beliau bertemu dengan isterinya di Jabal Rahmah, sebuah bukit kecil disekitar Padang Arafah. Mina adalah bagian dari Tanah Haram yang dikunjungi selama 3-4 hari oleh seluruh jamaah haji pada tanggal 8 Dzulhijjah untuk mabit sehari semalam penuh, disini pula tempat hewan qurban dan dam disembelih, hewan yang disembelih disini setiap tahunnya tidak kurang dari 1.000.000 ekor hewan sembelihan (Unta, Domba dan Kambing).

8. Ji’ronah

Sebuah kampung yang terletak 16 km dari Mekkah, Merupakan tempat miqat atau perbatasan wilayah dimana harus memakai pakaian ihram dan berniat ihram, sebagai syarat memasuki tanah suci Mekkah bagi orang asing atau tempat miqat bagi penduduk ahli Mekkah, untuk Umrah atau Haji. Ji’ronah merupakan miqat paling tinggi derajatnya dibanding miqat yang lain. Ji’ronah adalah nama seorang wanita yang mengabdikan dirinya untuk membersihkan dan menjaga mesjid tersebut.

9. Tan’im

Nama sebuah desa yang terletak 6 km dari Mekkah yang telah ditetapkan oleh Rasulullah SAW sebagai salah satu tempat miqat, desa ini sangat ramai dibanding tempat miqat lainnya yang begitu dekat dengan Mekkah. Miqat Tan’im ini disebut juga miqat ‘Aisyah’ karena pada awalnya miqat ini dipergunakan oleh Aisyah RA. Diriwayatkan bahwa ketika baru selesai menunaikan ibadah haji bersama Rasulullah SAW, Aisyah RA melanjutkan ibadah Umrah untuk memulai ‘ihram umrah’ itulah Nabi Muhammad SAW menyuruh Aisyah RA berangkat ke Tan’im dan memulai ihramnya dari lokasi tersebut. Dan dari peristiwa itulah masjid di Tan’im menjadi dikenal sebagai Masjid Aisyah RA, kondisi masjid tersebut sekarang sangat bagus dengan fasilitasnya seperti: kamar mandi, AC, tempat wudhu, air minum dingin dsb.  Bagi jamaah yang hendak mengambil miqat disini, sebelum berangkat sebaiknya sudah menggunakan pakain ihram di Mekkah. Untuk ke Tan’im dapat menggunakan angkutan umum atau taxi dengan biaya 10 rial atau lebih.

About these ads

Entry filed under: serba-serbi. Tags: .

Sejarah Perang Badar Melihat Lebih Dekat Masjid Nabawi Nan Anggun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

October 2009
M T W T F S S
« May   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Most Recent Posts


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: